15 Tempat Wisata Di Palembang Paling Populer dan Murah

Palembang, salah satu kota besar yang ada di pulau Sumatera ini memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Apalagi makanan yang menjadi ciri khas kota Palembang yaitu pempek. Di Indonesia makanan ini sudah banyak sekali yang menjual bisa dibilang kalau pempek Palembang sudah menyeluruh ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Walaupun begitu Palembang tidak hanya soal pempek nya banyak sekali wisata yang ada di sana. Apalagi Palembang juga menjadi ibukota dari provinsi Sumatera Selatan, yang secara otomatis akan membuat kota ini menjadi tujuan Merantau banyak orang khususnya yang hidup di Sumatera Selatan.

Palembang

Selain kedua hal tersebut Palembang juga sangat terkenal dengan jembatannya yang bernama Jembatan Ampera dan sungai yang paling panjang di Palembang yaitu sungai Musi. Kedua hal tersebut untuk sudah menjadi icon dari kota Palembang ini. Oleh karena itu banyak sekali orang yang menjadikan kota dengan penduduk paling banyak di Sumatera Selatan ini menjadi kota sebagai tujuan destinasi wisata nya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota Palembang ada baiknya anda mengetahui tentang sejarah yang ada di kota ini. Dahulu kota ini menjadi ibukota kerajaan Budha paling besar se- Asia Tenggara, Kerajaan Sriwijaya yang menjadi salah satu kerajaan yang sangat kuat pada abad ke 9 wilayahnya meliputi dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan sebagian wilayah Malaysia dan Singapura bahkan sampai ke Thailand.

Setelah kita mengetahui mengenai sejarah kota Palembang yang juga dijuluki sebagai bumi Sriwijaya, Sekarang kita akan membahas mengenai berbagai macam tempat wisata yang ada di Palembang Sumatera Selatan. Tunggu dulu walaupun kota ini menjadi kota terbesar di Sumatera Selatan tempat wisata yang ada di sini juga tidak kalah bagus dengan tempat wisata yang ada di kota-kota lainnya.

Al-Qur’an Al-Akbar

Al-Qur’an Al-Akbar

Seperti yang kita tahu kalau negara tercinta kita ini memiliki penduduk muslim paling besar di dunia. Dari seluruh jumlah penduduk Indonesia 80% diantaranya memeluk agama Islam. Tentu hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi pemerintah kota Palembang dengan menyediakan tempat wisata religi bagi umat Islam yang ada di sana.

Al-quran al-akbar sendiri dibuat pada tahun 2002 setelah para penulis menyelesaikan kaligrafi pintu dan ornamen yang ada di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin 2 Palembang. Dari hal itu muncul ide kenapa kita tidak membuat Alquran yang menjadi mushaf terbesar di dunia yang terbuat dari kayu yang memiliki motif ukiran khas Palembang sehingga akan menjadi ikon Agama Islam di kota pempek ini.

Alquran al-akbar sendiri terbuat dari kayu tembesu dengan jumlah 40 kubik dengan motif ukiran khas Sumatera Selatan yang di bangun 5 tingkat dan kita bisa naik sampai ke atas untuk melihatnya.

Alamat

  • Jalan Moh. Amin, Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan

Biaya Masuk

  • Rp 5.000

Jam Operasional

  • 08.00-17.00 WIB

Tempat Wisata Danau Ranau

Tempat Wisata Danau Ranau

Bagi Anda yang hidup di wilayah perkotaan kota Palembang tentu sudah bosan dengan gedung-gedung tinggi yang biasa kita lihat setiap hari. Nah jika anda mengalami hal tersebut ada baiknya anda pergi ke Danau Ranau Karena disana memiliki pemandangan yang sangat bagus yang dapat menyegarkan pikiran kita.

Baca Juga :  Review dan Harga Tiket Masuk De Mata Trick eye Museum

Selain itu kita juga bisa berenang di Danau Ranau dan memancing ikan yang ada di sana. Akan tetapi ada baiknya anda juga tidak terlalu dalam karena cukup berbahaya untuk keselamatan diri kita sendiri.

Alamat

  • Perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan.

Biaya Masuk

  • Rp 2.000/ orang

Jam Operasional

  • 08.00-17.00 WIB

Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna

Apakah anda suka wisata yang memacu adrenalin jika Iya anda sangat kami sarankan ke arung jeram yang ada di sungai Manna Karena disana adrenalin kita akan benar-benar dipacu dan di gembleng habis-habisan.

Arung jeram ini memiliki level yang berlapis-lapis, ada jalur yang biasa saja atau yang ekstrem. Akan tetapi sebelum anda memutuskan untuk memulai arum jeram yang ada di sungai mana Anda harus menggunakan perlengkapan keselamatan terlebih dahulu yaitu helm pelindung lutut dan pelampung agar hal-hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi kepada kita.

Alamat

  • Tanjung Sakti Pumu, Lahat, , Sumatera Selatan , Indonesia

Biaya Masuk

  • Rp 300. 000 Harga paket

Jam Operasional

  • Jam 08.00 – 17.00

Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan tempat wisata yang tenang sejuk dan dapat membuat pikiran lebih segar kembali. Selain keuntungan yang sudah saya sebutkan tadi Anda juga bisa mandi di Air Terjun Curug Maung ini karena jika kita pergi ke sana dan tidak menceburkan diri tentu akan sangat rugi karena air yang ada disana memiliki kesegaran yang sangat bagus dan dapat membuat tubuh kita kedinginan dan segar kembali.

Alamat

  • Trans SP II Padang Muara Dua, Gumay Ulu, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan 31356

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 07.00–18.00 WIB

Museum Negeri Balaputra Dewa

Museum Negeri Balaputra Dewa

Nah Jika anda sudah mengetahui secara dasar sejarah dari kota Palembang ini dan ingin mengetahui lebih detail dari bumi Sriwijaya ini ada baiknya anda berkunjung ke museum negeri Balaputradewa karena di sana memiliki benda-benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang tertata rapi di museum.

Di sana anda akan menemukan berbagai macam peninggalan Kerajaan Sriwijaya mulai dari patung Budha sampai berbagai macam prasasti pada zaman dahulu.

Alamat

  • Jalan Sriijaya I No.288 KM 5.5,Alang Alang Lebar, Srijaya, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30139

Biaya Masuk

  • Rp 2.000-3.000

Jam Operasional

  • 08.00–16.00 WIB ( Senin Tutup)

Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya

Tentu sebagian besar dari anda sudah pernah mendengar Stadion ini, Stadion Gelora Sriwijaya menjadi markas dari klub sepak bola kebanggaan masyarakat Palembang yaitu Sriwijaya FC. Selain menjadi homebase dari klub Sriwijaya FC terkadang berbagai macam arena pertandingan kelas internasional dan nasional juga diselenggarakan di stadion ini.

Tips dari bro wisata bagi anda yang ingin berkunjung kesana adalah pada saat malam hari karena lebih ramai dan akan di manjakan oleh kerlap-kerlip lampu yang ada di gelora sriwijaya.

Alamat

  • Jl. Gubernur H. A Bastari, 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 24 Jam (di kompleks Stadion)

Taman Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Taman Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Sama seperti wisata alam lainnya yang ada di kota Palembang, tempat wisata ini juga menawarkan keindahan alam dengan kelebihan yaitu kita bisa menikmati ketenangan dan Kesunyian yang ada di Hutan Punti Kayu. Selain itu keasrian yang terdapat dalam wisata ini juga dapat menjadikan pikiran kita menjadi lebih fresh.

Baca Juga :  Harga Tiket Masuk dan Review Wahana Eco Green Park Malang

Seperti namanya Hutan Punti Kayu sendiri terdiri dari banyak pohon dengan kerindangan yang menyejukkan hati. Kawasan wisata ini memiliki luas 50 hektar Selain itu di kawasan hutan Punti Kayu juga terdapat kera yang bisa kita beri makan dan dapat kita jadikan untuk teman berfoto.

Dengan memiliki lahan yang sangat luas Hutan Punti Kayu juga memiliki beraneka macam wahan wisata seperti kolam renang, kebun binatang Mini dan Anda juga dapat menaiki gajah.

Alamat

  • Jalan Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30114

Biaya Masuk

  • Anak-anak Rp. 4.000, Dewasa Rp. 7.000

Jam Operasional

  • 09.00-15.00 WIB

Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2

Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2

Museum lainnya yang juga cukup terkenal di kota Palembang selain museum Negeri Balaputradewa adalah museum Sultan Mahmud Badaruddin 2. Tempat wisata yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi ini terletak di tepi sungai Musi. Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 terdiri dari 2 lantai dengan atap rumah limas yang menjadi ciri khas rumah yang ada di kota palembang.

Alamat

  • Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Biaya Masuk

  • Rp 1000- Rp 5000

Jam Operasional

  • Sabtu – Minggu 09.00–15.00
  • Senin – Jumat 08.00–16.00

Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang

Masjid ini menjadi masjid paling tua yang ada di kota Palembang Sumatera Selatan sejarah dari masjid ini adalah dirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin 1 Jaya Wikrama pada abad ke 18. Dulunya Masjid Agung Palembang dinamakan Masjid Sultan karena peletakan batu pertama kali dilakukan oleh Sultan Badaruddin atau yang lebih dikenal sebagai Jaya Wikrama.

Alamat

  • Jl. Jend. Sudirman, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 24 jam (di luar area Masjid)

Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang

Seperti namanya masjid ini memiliki arsitektur khas Tionghoa atau Cina. Karena keunikan nama dan gaya arsitekturnya banyak orang yang menjadikan masjid ini sebagai destinasi tujuan wisata selain untuk tempat beribadah pastinya. Nah jika anda berkunjung ke kota pempek ini dan anda ingin melakukan ibadah dan bingung untuk mampir ke masjid yang mana anda bisa mampir ke masjid Cheng Ho.

Alamat

  • 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 24 jam (di luar area Masjid)

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera

Tentu jembatan ini sudah tidak asing lagi bagi warga Sumatera Selatan khususnya warga kota Palembang. Bahkan bagi sebagian orang yang tidak pernah berkunjung ke Palembang sekalipun jika diberi gambar jembatan Ampera pasti sudah tahu kalau jembatan ini berada di Kota Palembang.

Selain dijadikan untuk objek wisata dan ikon kota Palembang tujuan utama di bangunnya jembatan ini adalah untuk menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir yang berlawanan. Nah bagi Anda yang berkunjung ke Jembatan Ampera di seberang Jembatan Ampera Anda bisa berkunjung ke pasar pusat souvenir atau makanan untuk oleh-oleh keluarga yang ada di rumah Kalau anda dari Palembang.

Baca Juga :  √ Review dan Harga Tiket Masuk Upside Down World Jogja

Alamat

  • Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 24 Jam

Rumah Limas Sumatera Selatan

Rumah Limas Sumatera Selatan

Di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki rumah yang menjadi ciri khas dari budaya daerah tersebut. Tidak terkecuali untuk daerah Sumatera Selatan mereka mempunyai rumah limas sebagai icon rumah yang ada di Palembang khususnya daerah Sumatera Selatan.

Anda bisa menjadikan Rumah Limas sebagai Spot foto karena dengan menjadikan Rumah Limas ini anda juga turut serta melestarikan budaya yang ada di Indonesia khususnya Sumatera Selatan. Apalagi rumah ini juga memiliki nilai seni yang sangat bagus dan cocok untuk Anda jadikan objek foto.

Alamat

  • Jalan demang lebar daun, ilir barat 1, palembang, sumatra selatan

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 08.00 – 17.00 WIB

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Bagi warga sekitar Palembang tentu sudah tidak asing lagi dengan Pulau Kemaro. Di Pulau ini terdapat makam sebuah Putri yang konon Putri ini menikah dengan anak dari Raja China. Sebagian besar masyarakat Palembang meyakini pernikahan tersebut menggunakan maskawin 9 biji emas akan tetapi kisah dari perjalanan keduanya harus berakhir sedih karena pasangan tersebut menenggelakmkan diri dan meninggal di sungai.

Alamat

  • Di tengah S.Musi kecamatan Ilir Timur II (+ 5 km dari pusat kota Palembang)

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 09.00-17.00 WIB

Pagoda Pulau Kemaro

Pagoda Pulau Kemaro

Objek wisata ini juga terdapat di Pulau Kemaro jika anda berkunjung ke sana jangan lupa mampir ke pagoda nya karena bangunan ini memiliki arsitektur yang unik dan sangat cocok untuk Anda jadikan tempat rekreasi bersama keluarga di samping itu Anda juga bisa berfoto di sana karena dengan menggunakan Pagoda ini sebagai background pasti orang akan penasaran dimana tempatnya karena foto yang kita sajikan sangat unik.

Alamat

  • Di dalam komplek Pulau Kemaro, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 09.00-17.00 WIB

Kampung Kapitan

Kampung Kapitan

Apakah anda sangat suka dengan makanan seafood ? Jika Iya Anda datang ke artikel yang sangat tepat karena wisata di Kampung Kapitan ini memang sangat terkenal dengan wisata kulinernya yang memiliki menu beraneka macam seafood. Menu makanannya biasanya terdiri dari mulai dari udang, kepiting, ikan, kerang dan beraneka macam makanan laut lainnya.

Selain itu tempat yang menyajikan makanan ini juga sangat strategis dan memiliki pemandangan yang bagus. Kita bisa menggunakan transportasi darat atau laut jika ingin berkunjung ke Kampung Kapitan.

Alamat

  • Jl. KH Azhari – Dermaga 7 Ulu, palembang, 7 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Biaya Masuk

  • Gratis

Jam Operasional

  • 17.00-23.00

Bagaimana sangat banyak bukan destinasi wisata yang ada di kota Palembang yang bisa Anda coba. Sekian pembahasan tata rambut mengenai tempat wisata yang ada di kota Palembang kali ini. Apa bila Anda suka dengan artikel ini mohon bagikan ke teman atau saudara Anda agar mereka dapat terbantu dengan adanya artikel ini Terima Kasih.