11 Macam Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Anda Beli

Malang merupakan salah satu kota di daerah Jawa Timur yang kerap dikunjungi wisatawan, Selain Surabaya. Sebab, Malang terkenal dengan objek wisata yang begitu beragam. Ada wisata Gunung Bromo, Jatim Park, dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya objek wisata nya, Malang juga terkenal memiliki makanan khas yang tak boleh Anda lewatkan untuk dicicipi dan untuk dijadikan oleh-oleh.

Ya, memang oleh-oleh khas Malang cukup banyak ragamnya. Untuk itu, agar Anda tidak salah pilih, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi oleh-oleh apa saja yang wajib Anda beli saat bertandang ke Malang. Yuk, simak!

Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Anda Beli

Aneka Keripik Buah

Aneka Keripik Buah

Tanah subur Malang menghasilkan budidaya buah-buahan yang begitu beragam dan melimpah. Tetapi masyarakat tidak kehabisan akal, bagaimana caranya agar buah-buahan ini dapat dikonsumsi dengan jangka waktu yang lebih lama.

Alhasil, terbuat lah cara unik menikmati buah-buahan khas Malang, yaitu dijadikan keripik. Oleh-oleh inilah yang akan jarang Anda temui di daerah mana pun. Oleh-oleh khas Malang yang satu ini hampir disukai banyak orang karena rasanya yang unik. Tidak hanya keripik apel yang terkenal, jenis buah lainnya, seperti kelengkeng, semangka, rambutan, salak, dan nangka pun ada.

Apel Malang

Apel Malang

Malang begitu dikenal sebagai kota penghasil apel dengan rasa yang khas. Tak heran, Apel Malang selalu menjadi primadona yang akan paling dicari oleh para wisatawan. Bisa dikatakan belum ke Malang jika tidak membawa oleh oleh khas Malang yang satu ini.

Ada dua jenis Apel Malang yang cukup populer yang digemari banyak wisatawan Pertama, Apel Manalagi yang bentuknya bulat, berwarna hijau, dan memiliki rasa manis segar. Kedua, Apel Ana yang bentuknya agak lonjong, terdapat semburat warna kemerahan, namun rasanya cukup asam.

Baca Juga :  13 Oleh Oleh Khas Bali yang Paling di Cari Wisatawan

Karena merupakan primadona, Anda akan dapat menemui apel ini dengan mudah, mulai dari pasar hingga berbagai tempat wisata pasti ada yang menjualnya dengan harga yang sangat beragam.

Pia Mangkok

Pia Mangkok

Setiap daerah nampaknya memiliki pia. Namun, pia masing-masing daerah memiliki perbedaan. Contohnya adalah pia mangkok khas Malang yang enak ini. Pia mangkok khas Malang memiliki ukuran sedang dan tidak terlalu besar.

Oleh oleh khas Malang ini bisa bertahan hingga dua minggu dari masa produksi. Karena itulah, sebaiknya Anda beli oleh-oleh ini pada saat masa produksi. Anda bisa memilih varian rasa yang Anda inginkan, ada coklat, kacang hijau, keju, dan tentunya, Durian. Pia Mangkok di banderol dengan harga belasan hingga puluh ribuan rupiah.

Keripik Tempe

Keripik Tempe

Tidak hanya olahan buah-buahan saja yang menjadi oleh oleh khas Malang, melainkan juga olahan tempe menjadi oleh-oleh khas Malang. Adalah keripik tempe yang cukup tersohor di Malang. Rupanya Malang juga dikenal sebagai penghasil tempe terbaik.

Karena itulah Anda bisa dapat dengan mudah menemukan keripik tempe di setiap sudut kota ini. Keripik tempe khas Malang juga memiliki banyak varian rasa yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Olahan Telo

Olahan Telo

Selain keripik buah dan tempe, Malang juga menjadikan telo atau ubi sebagai oleh-oleh khasnya. Telo menjadi bahannya, karena sekali lagi, memang tanah di Malang bisa dikatakan sangat subur. Untuk membuatnya bertahan lama, maka telo dijadikan berbagai macam olahan, seperti keripik, bakpao, es krim, nugget, bahkan pizza! Unik, bukan? Karenanya, jangan lewatkan berbagai olahan telo yang menjadi oleh oleh khas Malang.

Malang Strudel

Malang Strudel

Strudel merupakan kue berlapis-lapis yang membentuk beberapa lapisan yang terbuat dari pastry, di antara pastry terisi berbagai macam pasta buah-buahan. Malang Strudel merupakan oleh oleh khas Malang yang baru hadir sejak 2014 lalu.

Baca Juga :  13 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Murah dan Enak

Oleh-oleh ini milik salah satu artis tanah air, Teuku Wisnu. Karena rasanya yang unik dan enak, Malang Strudel sangat menjadi favorit di Malang. Ada yang kurang rasanya jika ke Malang tidak membawa oleh-oleh Malang Strudel.

Sebab, Anda juga tidak akan menemukan Malang Strudel di kota mana pun, selain Malang. Terdapat banyak varian rasa yang disajikan, seperti strudel isi apel, strawberry, nanas, mix buah, dan hingga pisang.

Harga yang dibanderol beragam, mulai dari Rp 45 ribuan per box. Jika penasaran dengan rasanya, Anda bisa kunjungi langsung outlet-nya di Jalan Ardimulo Nomor 14, Singosari.

Cokelat Tempe

Cokelat Tempe

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Malang dikenal sebagai penghasil tempe terbaik. Tak heran masyarakat melakukan banyak inovasi melalui tempe, salah satunya adalah coklat tempe. Penemu nya adalah Yoga Surya Pratama, warga kota Malang yang memperkenalkan cara baru menikmati coklat dengan cita rasa lokal.

Yoga merintis usahanya sejak 2011 dan hingga kini coklat tempat menjadi oleh-oleh khas Kota Malang yang tak terlewatkan. Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan rasanya, karena sangat unik. Coklat tempe di banderol mulai harga Rp 8 ribu sampai Rp 95 ribu.

Sari Buah Apel

Sari Buah Apel

Saking eksis nya apel di Malang, sari buah apel pun menjadi oleh oleh khas Malang yang cukup digemari. Sari buah Apel Malang ini terbuat dari apel pilihan yang segar dan kualitas paling baik. Sari dibuat dengan cara dibuang bijinya, kemudian diperas menggunakan mesin peras khusus, sehingga terpisah antara sari dan ampas apel.

Ada cukup banyak produsen yang memproduksi sari buah Apel Malang, karenanya Anda harus sedikit jeli untuk memilih yang benar-benar berkualitas dan tanpa bahan pengawet.

Baca Juga :  13 Oleh Oleh Khas Bali yang Paling di Cari Wisatawan

Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka

Penamaan Bangka pada oleh-oleh ini bukan mengartikan bahwa asalnya dari Bangka, melainkan merupakan nama jalan di area pemukiman Kota Malang, Jalan Bangka. Tempat ini juga merupakan tempat di mana Ledre Pisang Bangka diproduksi dan di jualkan ke pasaran. Harga camilan khas Malang ini kurang lebih sekitar Rp 42 ribu per kotaknya. Jika penasaran, segera sambangi Jalan Bangka 22-20, Kota Malang.

Bakso President

Bakso President

Nama Bakso President cukup tersohor di Malang karena kelezatan nya. Letaknya yang persis berada di pinggiran rel kereta juga menjadi ciri khasnya tersendiri. Kapan lagi makan sembari melihat kereta api yang melintas dari jarak yang sangat dekat.

Bahkan, saat kereta melintas meja akan turut bergetar dan kuping menjadi pengang. Bakso presiden menjadi kesayangan semua kalangan, mulai dari yang berdompet tebal hingga pas-pasan. Sebab, harganya cukup terjangkau, dibanderol mulai dari Rp 10 ribu hingga 20 ribu.

Keripik Ceker

Keripik Ceker

Malang juga dengan oleh-oleh keripik ceker nya yang khas. Rasa gurih dan renyah nya begitu disukai banyak orang. Seperti yang kita tahu, ceker banyak mengandung asam amino, kalsium, dan kolagen, karenanya keripik ceker semakin diminati karena dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

Keripik ceker dibungkus dengan berbagai ukuran, ada yang kecil, sedang, hingga yang besar. Anda bisa mendapatkan oleh oleh khas Malang ini di banyak tempat di pusat toko oleh-oleh Malang.

Nah itulah pembahasan bro wisata mengenai oleh-oleh khas malang yang wajib untuk anda coba. Sekian pembahasan kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, Terima Kasih.