10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Kece Abis

Berkunjung ke kota Tasbeh memang selalu akan mendapatkan pengalaman perjalanan yang tidak membosankan, bahkan ketika berada di pusat kota. Banyak tempat wisata di Purwakarta yang harus dikunjungi, diantaranya adalah berikut ini!

  1. Air Mancur Sri Baduga Maharajaa

Air Mancur Sri Baduga Maharaja

Mengapa disebut Sri Baduga Maharaja? Tentu karena air mancur ini dibangun di tengah danau yang pada danau tersebut terdapat patung Sri Baduga Maharaja lengkap dengan 4 buah patung singa di setiap ujung sisinya.

Singkat cerita, Sri Baduga Maharaja adalah seorang raja dari Kerajaan Sunda Galuh yang memimpin sekitar tahun  1482 hingga tahun 1521. Mungkin, bagi kita beliau lebih akrab dikenal dengan nama Prabu Siliwangi.

Untuk mengingat sejarah, maka di danau ini di waktu yang sudah terjadwal kan, diadakan pentas seni seperti tarian tradisional air mancur Sri Baduga. Pertunjukkan air mancur tersebut biasanya akan digelar selama kurang lebih 25 menit dan biasanya akan dibagi menjadi tiga sesi apabila pengunjung membludak.

Tempat wisata di Purwakarta ini menjadi daya tarik wisatawan yang sedang berlibur ke kota ini. Bahkan, air mancur ini diklaim sebagai air mancur terbesar dan termegah se-Asia Tenggara loh! Air mancur yang dibangun pada tahun 2016 lalu ini, selain keindahan dari pancaran lampu laser, juga terdapat seperti jembatan apung ditengah-tengah danau.

Air Mancur Sri Baduga Maharaja

Danau di taman ini dibuka setiap hari. Pancuran air saat pertunjukan air mancur bisa mencapai hingga 6 meter. Tak hanya pada patung Sri Baduga, air mancur utamanya juga terdapat pada dua sisi air mancur utama di bagian depan dan belakang patung Sri Baduga. Tidak hanya itu, sekeliling pagar danau juga dilengkapi pancuran air dan akan menyala ketika pertunjukan.

Kabar baiknya, untuk menikmati pemandangan indah dari air mancur ini gratis. Pada bagian luar danau, atau lebih tepatnya di luar pagar danau, sudah disediakan tempat duduk, sehingga pengunjung tidak perlu berdiri dan berdesakan untuk melihat pertunjukan nya.

Sekadar tips, apabila kamu ingin melihat pertunjukan di Taman Air Mancur Sri Baduga ini di malam hari, terutama di akhir pekan, maka sebaiknya datang lebih awal, yaitu di waktu sore hari agar tidak berdesakan saat di pintu masuk.

Adapun fakta menarik terkait danau ini, yang dulunya digunakan oleh badak untuk mandi. Jogging di tempat wisata di Purwakarta ini juga tidak kalah seru. Bosan berfoto dan capek berolahraga? Sebelum pulang, bisa juga melihat ikan dan memberinya pakan atau mencicipi beberapa jenis kuliner di sini juga menyenangkan.

Alamat

  • Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Biaya

  • Gratis

Jam Operasional

  • 06.00 – 09.00 WIB dan 17.30 – 21.00 WIB
  1. Sumber Mata Air Panas Ciracas

Sumber Mata Air Panas Ciracas

Hampir semua orang suka dengan tempat wisata sumber mata air panas alami. Banyak pemandian air panas alam yang berada di Jawa Barat, salah satunya ada di Purwakarta. Tempat wisata di Purwakarta yang menyuguhkan banyak titik sumber air panas ini, juga terdapat pemandangan persawahan dan perkebunan teh, karena letaknya ada di lereng bukit.

Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Nah, setelah puas mandi dan berendam di air panas, lanjut jalan-jalan menyusuri perkebunan teh yang pastinya hawa sejuknya bikin pikiran jadi tenang. Jangan lupa mencicipi kuliner khas Purwakarta, yaitu sate Maranggi di sekitar lokasi pemandian air panas.

Alamat

  • Ciracas, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41175

Biaya

  • Rp 20.000 /  Orang

Jam Operasional

  • 24 Jam
  1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

Waduk, biasanya selain digunakan untuk sektor irigasi dan pembangkit listrik, juga dimanfaatkan untuk keramba ikan bagi warga sekitar dan sekaligus sebagai wisata lokal yang murah meriah. Luas waduk yang berada tidak jauh dari pusat kota ini sekitar hampir 9 ribu hektar.

Tak hanya menikmati pemandangan nya saja di tempat wisata di Purwakarta ini, kamu juga bisa menikmati beberapa wahana air seperti perahu, water ski, dan selancar angin. kamu juga bisa memancing dan camping di tempat ini. Ada banyak spot foto yang instagrammable yang sudah disediakan oleh pengelola.

Alamat

  • Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Biaya

  • Rp. 20.000/orang

Jam Operasional

  • 08.00 – 16.30 WIB
  1. Gunung Parang

Gunung Parang

Suka dengan olahraga ekstrim seperti panjat tebing? Gunung Parang adalah tempat terbaik untuk melakukannya. Mengapa? Karena lapisan bukit nya yang dominan dengan tebing-tebing batu tinggi.

Gunung Parang merupakan salah satu tempat climbing terbesar dan tertinggi di Asia Loh! Tempat wisata di Purwakarta ini juga aman bagi pemanjat tebing yang pemula, asal tetap memperhatikan keselamatan dan mendengarkan arahan dari para senior atau pemandu dan mencobanya dengan memanjat tebing dengan ketinggian yang aman.

Menikmati keindahan panorama alam dari ketinggian dengan menggunakan hammock tidak akan ada duanya untuk sensasi menegangkan sekaligus menyenangkan ini.

Alamat

  • Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Biaya

  • Rp. 10.000 / Orang (Mendaki)

Jam Operasional

  • 24 Jam
  1. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa

Tempat wisata di Purwakarta ini sangat cocok untuk keluarga. Keunikan nya adalah, terdapat sebuah lahan mirip sebuah pulau di tengah-tengah danau. Wisata air yang ditawarkan salah satunya adalah bebek air.

Terdapat track untuk jalan kaki mengelilingi sepanjang satu jalur danau di tengah-tengah danau antara pulau kecil tersebut dengan jalan pedesaan yang ketiganya dihubungkan dengan sebuah jembatan. Tak hanya dihiasi dengan lampu jalan, ketersediaan beberapa tempat sampah yang memadai membuat tempat ini tetap asri dan bersih. Adapun beberapa papan informasi dan papan petunjuk arah. Kamu juga bisa bersepeda, olahraga lari ringan, atau memancing.

Alamat

  • Jalan Raya Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Biaya

  • Gratis

Jam Operasional

  • 24 Jam
  1. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan

Konsep kolam renang yang terdapat di tempat wisata di Purwakarta ini seperti di resort-resort terkenal di Bali, dimana kolam renang langsung dihadapkan ke pemandangan alam dari ketinggian, sehingga terlihat sangat eksotis.

Nah, fasilitas tersebut adalah Skypool. Tak hanya skypool, banyak wahana air yang ditawarkan, yaitu seluncuran dan sepeda air. Ada banyak penginapan dan restoran yang tersedia sehingga tak perlu nekat pulang malam-malam!

Alamat

  • Jl. Raya Wanayasa, Taringgul Tonggoh, RW. 13 / RT. 04, Wanayasa, Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Biaya

  • Senin – Jum’at : Rp. 5.000
  • Sabtu –  Minggu : Rp. 20.000

Jam Operasional

  • 08.00 – 17.00 WIB
  1. Pusat Kerajinan Keramik Plered

Sentra Keramik Plered

Suka dengan aneka karya seni keramik? Atau suka mengoleksi dan menggunakan barang-barang yang terbuat dari tanah liat ini? Datang saja ke desa wisata keramik di Plered ini.

Tempat wisata di Purwakarta yang menyuguhkan pemandangan jejeran toko-toko keramik dan rumah-rumah warga yang banyak memiliki galeri pembuatan keramik ini menghasilkan banyak sekali pengrajin keramik yang professional.

Soal kualitas, mereka sudah menjualnya banyak ke luar negeri loh! Jadi tak perlu ragu untuk memborong banyak perabot keramik dari sini. Tak hanya bentuk gerabah mulai dari yang sederhana hingga gerabah yang cukup sulit detail nya, juga ada bentuk keramik porcelain yang tentunya kualitas harganya juga lebih tinggi.

Alamat

  • Jl. Raya Anjun-Plered-Purwakarta, Anjun, Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Biaya

  • Gratis

Jam Operasional

  • 08.00 – 18.00 WIB
  1. Kampung Tajur

Kampung Tajur

Ini nih yang sedang hits! Selain karena pemandangan alamnya, rumah penduduk Kampung Tajur masih sangat kental unsur etnik nya, yaitu rumah dinding anyaman bambu dicat warna putih dengan atap ijuk.

Tak hanya menikmati suasana desa sebagai tempat wisata di Purwakarta, kamu bisa belajar bagaimana cara menanam padi, keseruan membajak sawah dengan kerbau, berkebun, dan mengenal budaya dan tarian tradisional.

Jangan khawatir dengan masalah menginap. Disediakan banyak homestay di sekitar desa dengan biaya cukup ekonomis dan sudah termasuk biaya konsumsi loh! Pengunjung akan senantiasa diajak untuk ikut melakukan kegiatan keseharian para warga.

Alamat

  • Pasanggrahan, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41164

Biaya

  • Gratis

Jam Operasional

  • 24 Jam
  1. Jatiluhur Waterworld

Jatiluhur Waterworld

Bagi anda sudah berkeluarga dan ingin menyenangkan buah hati kita, tempat wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Hal tersebut tentu bukan tanpa sebab mengingat tempat ini memiliki berbagai macam wahana air yang sangat menarik.

Di Jatiluhur Waterworld ini anda bisa menikmati berbagai macam seluncuran air yang memiliki ukuran sangat panjang. Selain itu air yang ada di sini juga sangat segar dan dingin karena berada di pegunungan.

Alamat

  • Jatimekar, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Biaya

  • Rp 30.000-Rp 60.000/orang (Tergantung wahana)

Jam Operasional

  • 08.00 – 16.00 WIB
  1. Gua Jepang dan Belanda

Goa Jepang dan Belanda

Tempat wisata ini menjadi salah satu bukti penjajahan Belanda dan Jepang terhadap Indonesia. Bagi anda yang sangat suka dengan wisata sejarah, Gua Jepang dan Belanda ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

Dulu saat masa penjajahan, gua ini digunakan sebagai jalur penghubung ke PLTA bengkok, akan tetapi pada saat masa kemerdekaan, gua ini di alih fungsikan oleh Belanda menjadi pusat Radio telekomunikasi.

Alamat

  • Taman Hutan Raya Juanda, Cimenyan, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat

Biaya

  • Rp. 7.500 / Orang

Jam Operasional

  • 08.00 – 16.00 WIB

Demikian pembahasan bro wisata mengenai tempat wisata di Purwakarta kali ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda yang ingin berlibur kesana. Terima kasih.