Lezat nya Oleh-Oleh Khas Jakarta yang di Gemari Wisatawan

Anda tentunya sudah sangat mengenal satu kota ini, Jakarta adalah kota metropolitan terbesar yang menjadi ibu kota Negara Indonesia, serta menjadi pusat bisnis dan pusat pemerintahan Negara.

Kota ini menjadi sangat istimewa karena segala fasilitas yang ada sangat lengkap dan mumpuni. Jadi, bagi Anda yang datang ke Jakarta, tentu saja tidak cukup sehari atau dua hari untuk menjelajahi semua keunikan yang ada di kota ini.

Oleh-oleh khas Jakarta pun memiliki banyak variasi dan sangat beragam. Bagi para pelancong, pastinya jika tidak membelikan oleh-oleh pada keluarga saat mengunjungi Jakarta, pastinya akan merasa ada yang kurang.

Jakarta memiliki sangat banyak jenis makanan sampai suvenir yang tentunya sangat pas bila dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Suku asli penduduk Jakarta adalah suku Betawi, jadi sudah pasti bila ke Jakarta nantinya akan membawa oleh-oleh khas Betawi yang banyak diminati oleh orang-orang yang berkunjung di sana.

Akan tetapi, perlu Anda tahu bahwa memilih oleh-oleh khas Jakarta janganlah sembarangan. Pilihlah oleh-oleh yang memang memiliki manfaat kepada diri sendiri dan juga keluarga yang diberikan.

Misalnya saja untuk makanan, Anda harus membeli makanan khas Jakarta yang jenisnya makanan kering. Hal itu bermaksud agar nanti saat dibawa pulang, tidak basi atau bau karena sifatnya yang bisa bertahan lama.

Lalu, jika Anda baru pertama kali datang ke Jakarta dan ingin membeli oleh-oleh, apa saja yang harus kita beli? Berikut ada 12 jenis oleh-oleh khas Jakarta untuk Anda berikan kepada keluarga dan kerabat.

  • Kue Geplak

Kue Geplak

Kue ini sebenarnya sama halnya dengan roti buaya yang menjadi seserahan saat melakukan acara pernikahan adat bagi warga betawi. Kue ini sudah sangat jarang ditemukan di Jakarta. Kecuali rumah-rumah industri kecil yang masih beroperasi untuk menjual kue ini.

Rata-rata, kue geplak ini dijual dengan harga Rp 20.000,-. Asal muasal dari nama kue geplak ini, karena adonan kue yang berasal dari beras dan diolahnya dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan tangan, atau bahasanya digeplak. Kue ini warnanya sedikit kecokelatan dan ada putih-putih berada di atasnya. Cocok sekali untuk Anda menjadikan kue ini oleh-oleh khas Jakarta.

  • Dodol Betawi

Dodol Betawi

Makanan selanjutnya yang menjadi oleh-oleh khas Jakarta adalah dodol betawi. Pasti semuanya tidak asing dengan makanan ini. Karena memang hingga saat ini, makanan dengan rasa yang manis tersebut masih ngeksis saja di tengah maraknya makanan nge-hits yang ada di ibu kota.

Makanan ini bahan bakunya berasal dari beras ketan, gula jawa, gula pasir dan juga santan. Tekstur dari dodol ini juga sama seperti dodol pada umumnya yang lembek dan juga lengket. Namun, rasanya memang sungguh enak dan mempunyai rasa yang khas.

Seiring berkembangnya zaman, kini dodol Betawi juga memiliki rasa yang baru seperti rasa durian, ketan putih, dan ketan hitam. Untuk harga makanan khas ini sangat bervariasi, tergantung jumlah isinya serta kualitas dodolnya dengan kisaran Rp 12.000,- hingga Rp 55.000,- per packnya.

  • Pepes Tulang Lunak Ikan Mas

pepes ikan mas

Kalau ini, adalah oleh-oleh dari Jakarta yang sangat sedap bila dibawa ke rumah. Dengan proses pembuatan yang benar-benar teliti, menjadikan ikan mas ini menjadi lunak dan hampir bisa dimakan keseluruhannya. Anda bisa mendapatkan makanan khas Jakarta ini dengan Rp 35.000,- untuk per ekornya.

  • Kue Semprong Glory

Kue Egrol

Kue ini juga sangat pas menjadi oleh-oleh khas Jakarta. Tekstur nya yang renyah dan crispy, serta bau harum nya yang gurih, membuat siapa saja tergoda untuk mencicipi kue ini. Rasanya manis dan tidak akan bosan. Cocok untuk camilan di rumah. Harganya juga cukup terjangkau. Jika ukuran 650 gram yang sudah ada di dalam toples biasanya dihargai dengan Rp 28.000,-.

  • Roti Buaya

Roti buaya

Roti buaya, sesuai dengan namanya, makanan ini memang roti dan memiliki bentuk yang menyerupai buaya. Oleh-oleh khas Jakarta ini, memang mempunyai sejarah atau filosofi yang menarik untuk diketahui.

Biasanya, roti ini dibawa sebagai syarat saat melangsungkan pernikahan pada adat Betawi. Tujuan membawa roti buaya ini adalah sebagai lambang kemapanan dan juga kesetiaan sang mempelai pria kepada calon istrinya nanti. Untuk harga roti ini, cukup mahal, dihitung dari panjang roti tersebut. Dimulai dari harga Rp 150.000,-, bahkan sampai Rp 350.000,-.

  • Kerak Telor

Kerak telor

Untuk makanan yang satu ini memang sangat khas di kota Jakarta. Asal makanan ini memang dari budaya betawi. Rasanya gurih dan renyah. Terbuat dari telur bebek atau ayam yang dicampur dengan nasi lalu dibakar di atas arang hingga membentuk kerak. Makanan ini biasanya dijual di pinggiran monas atau taman dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000,-.

  • Bir Pletok

Bir plethok

Kali ini bukanlah makanan, akan tetapi minuman khas dari Betawi asli. Pasti di telinga kalian sudah tidak asing bukan dengan minuman ini? Tetapi, jangan berpikiran negatif dulu tentang minuman ini, ya. Meski namanya adalah bir, minuman ini tidak memabukkan, lho! Tetapi ada manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Harganya juga cukup murah, yaitu sekitar Rp 10.000,-.

  • Kue kembang Goyang

Kue kembang goyang

Makanan yang bisa untuk oleh-oleh khas Jakarta adalah kembang goyang. Kue ini tekstur nya seperti kue semprong yaitu renyah dan juga crispy tetapi rasanya cukup manis. Untuk bisa mendapatkan ini memang tidaklah sulit, harganya pun juga tidak mahal tergantung dari berapa gram kita membelinya. Dengan harga Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,-, Anda sudah bisa membawanya pulang.

  • Biji Ketapang

Biji Ketapang

Biji ini, bisa dibuat berbagai macam jenis makanan. Anda bisa membuatnya menjadi kue, atau camilan gurih dari biji ini. Apalagi jika menjelang lebaran, biji ini sangat diburu oleh banyak orang di daerah Jakarta. Untuk harganya sangat bervariasi, tergantung per gramnya itu berapa. Biasanya per 250 gram dihargai dengan Rp 20.000,-.

  • Kripik Aneka Buah

keripik buah

Kripik ini sangat diminati oleh banyak orang karena rasanya yang unik. Anda harus membeli ini untuk keluarga sebagai oleh-oleh khas Jakarta. untuk harganya sekitar Rp 23.000,- hingga ratusan ribu Rupiah.

  • Telur Gabus Keju

Telur Gabus Keju

Makanan ini sangat gurih, sangat cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Jakarta. Bentuknya kecil-kecil memanjang dan rasanya asin karena dari keju. Tapi dijamin membuat ketagihan. Harganya cukup terjangkau, jika Anda membeli 400 gram harganya Rp 35.000,-.

  • Tape Uli

Tape Uli

Tape ini memang makanan yang khas dari Jakarta yang terbuat dari singkong lalu di fermentasi menggunakan ragi. Baunya memang menyengat, tetapi rasanya sungguh enak. Harganya juga terjangkau, yaitu Rp. 35.000,- per 500 gram.

  • Akar Kelapa

Akar Kelapa

Ini adalah jenis kue yang rasanya sungguh enak. Bentuknya seperti akar kelapa, maka dari itu kue ini dinamai seperti itu. Harganya cukup terjangkau, dengan Rp 40.000,-, Anda sudah mendapatkan 500 gram kue tersebut.

Nah cukup lengkap bukan pembahasan bro wisata mengenai oleh-oleh khas Jakarta yang bisa anda beli. Saran dari kami bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah adalah cicipi dulu makanan atau minuman tersebut dan lihat masa berlaku nya apakah masih panjang atau lama.

Sekian pembahasan kali ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda terutama bagi anda yang mau liburan ke Jakarta dan ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga, Terima Kasih.