13 Oleh Oleh Khas Bali yang Paling Hits

Oleh-oleh sepertinya sudah merupakan barang wajib yang dibawa saat kembali dari liburan di Bali.  Mulai dari camilan, aksesoris, souvenir hingga sekadar kaos. Bali memang merupakan salah satu pulau di Indonesia yang setiap tahunnya selalu dipenuhi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Karenanya, tak jarang tempat oleh oleh khas Bali menjamur di pulau yang sangat terkenal dengan objek wisata pantai nya ini. Bali menyuguhkan bermacam oleh-oleh yang sangat beragam. Jika Anda berkunjung ke Bali, pastikan Anda tidak melewatkan kegiatan wajib, yaitu membeli oleh oleh khas Bali.

Nah, berikut ini bro wisata akan memberikan beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang paling hits dan tak boleh dilewatkan para wisatawan.

  1. Kacang Disco

Kacang Disco

Kacang yang satu ini sudah pasti menjadi barang wajib untuk dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Kacang disco berbahan dasar kacang tanah yang dibalut oleh tepung dicampur bumbu-bumbu khas. Rasanya memang berbeda dari kacang-kacang yang dijual di pasaran.

Anda bisa memilih rasa manis, rasa udang, extra pedas, dan berbagai rasa lainnya. Anda dapat dengan mudah menemukan kacang disco di tempat jual oleh-oleh di Bali. Kacang Disco biasanya dibanderol kurang lebih seharga Rp 25 ribu per bungkus nya.

  1. Pie Susu

Pie Susu

Siapa sih yang tidak kenal dengan popularitas pie susu khas Bali? Meski sudah banyak beredar di beberapa daerah, rugi rasanya tidak membeli pie susu asli di Bali langsung. Sebab, pie susu memang selalu menjadi buruan utama para wisatawan yang bertandang ke Pulau Dewata.

Ukurannya cukup tipis, namun rasanya begitu lezat. Secara keseluruhan, pie susu khas bali memiliki tekstur yang lembut dengan isi yang lumer saat di mulut. Oleh-oleh khas Bali yang satu ini disajikan dengan berbagai macam toping, ada keju, almond, choco chips, dan lainnya.

  1. Salak Bali

Salak Bali

Siapa bilang semua rasa salak sama? Anda harus membeli oleh-oleh khas Bali yang satu ini dulu. Bali terkenal memiliki dua jenis buah salak, yaitu yang rasanya kecut dengan daging buah yang tebal dan salak gula pasir yang memiliki rasa manis dan daging buah yang lebih tipis. Ketika sedang musim, harga salak bisa mencapai belasan ribu, amat sangat murah dibandingkan dengan harga normalnya saat bukan sedang musim panen.

  1. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Kintamani merupakan salah satu daerah di Bali yang menghasilkan kopi jenis arabika dan robusta yang terkenal memiliki rasa ciamik. Bagi para pecinta kopi, kopi Kintamani memiliki cita rasa kopi yang khas. Karenanya, bagi Anda para pecinta kopi jangan pernah lewatkan oleh-oleh khas Bali yang satu ini,

  1. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo

Kalau di darah Jogja dan Jawa Tengah menjamur angkringan dengan Nasi Kucingnya, di Bali ada kuliner murah meriah serupa bernama Nasi Jinggo. Satu porsi Nasi Jinggo setara dengan satu porsi Nasi Kucing.

Lauk nya pun serupa, seperti daging ayam suwir atau teri, mie goreng, dan tempe. Anda yang kembali pulang liburan naik pesawat, bisa membawah nasi ini untuk bekal atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jangan khawatir, Nasi Jinggo hanya seharga Rp 3000-Rp 5000 an saja.

  1. Pia Bintang

Pia Bintang

Pia Bintang merupakan salah satu oleh-oleh khas Bali yang cukup melegenda. Makanan khas ini sudah ada sejak tahun 60-an hingga kini masih eksis dan kerapkali diburu para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Selain melegenda, Pia Bintang juga dikenal sebagai pia paling enak di Bali Terdapat banyak varian rasa yang bisa Anda pilih, seperti kopi, kacang ijo, wijen, keju, cokelat, dan yang paling banyak disukai oleh orang Indonesia adalah durian.

Jika Anda berniat untuk mencoba varian Pia Bintang ini, belilah pagi hari atau sebelum sore. Sebab, pada siang hari atau menjelang sore biasanya Pia Bintang sudah diserbu banyak wisatawan.

  1. Kacang Matahari

Kacang Matahari

Oleh-oleh khas Bali yang satu ini cukup legendaris. Rasa Kacang Matahari hampir mirip dengan kacang lainnya, yaitu gurih dan renyah. Namun, ada rasa yang sulit dijelaskan yang merupakan ciri khas dari kacang ini. Kacang Matahari ini juga kerap habis diburu para wisatawan.

  1. Kacang Rahayu

Kacang Rahayu

Selain Kacang Matahari, oleh-oleh khas Bali lainnya yang berjenis kacang adalah Kacang Rahayu. Kacang Rahayu juga sangat diminati para wisatawan yang hadir. Anda bisa menemukan kacang ini di banyak tempat oleh-oleh di sekitar Bali.

Namun, jika Anda ingin datang langsung ke kios nya pun bisa. Kios Kacang Rahayu berada di Jalan Gatot Subroto Tengah Nomor 59 C, Denpasar, Bali. Kios mulai buka pada 08.30 hingga 21.00. Jangan sampai kehabisan, lho!

  1. Batik Bali

Batik Bali

Batik merupakan kain khas tanah air yang mendunia. Tidak hanya Pulau Jawa saja yang terkenal memiliki batik nan indah, kain batik Bali juga rupanya memiliki makna tersendri. Tak hanya kain batik, para wisatawan dapat membeli kaos batik, baju, kain katun Bali, atau aksesoris batik yang sangat unik.

  1. Kaos Joger

Kaos Joger

Sudah sejak lama Joger begitu menjadi favorit utama para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Sebab, memang Joger hanya berada di Bali. Joger juga menjadi favorit oleh-oleh karena permainan kata yang unik dan kritis di setiap desain produknya dan tentu saja hal ini begitu memikat.

Joger tidak hanya menjual kaos, melainkan juga beberapa aksesoris lainnya, seperti pajangan, gelas, sandal, gantungan kunci, hingga pin sekalipun. Harganya pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga ratus ribuan.

  1. Baju Barong

Baju Barong

Tidak hanya Joger, baju Barong menjadi salah satu kaos yang paling diminati banyak wisatawan. Baju yang sangat ikonik ini banyak dijual di pasaran dengan beragam harga. Siapa saja yang pernah bertandang ke Bali sudah tentu memiliki baju ini.

Kaos ini memang sangat diminati, karena selain ikonik, kaos ini sangat nyaman digunakan. Bahannya tipis dan sangat cocok untuk udara Bali yang cenderung panas.

  1. Mukena Bali

Mukena Bali

Penduduk Bali memang mayoritas beragama Hindu, namun ternyata di Bali juga merupakan sentra pembuat mukena Bali yang kini tengah hits. Bahan dasar yang digunakan adalah bahan rayon halus dan adem saat digunakan.

Mukena Bali ini memang cukup berbeda dari yang lain. Corak dan warna dari mukena ini juga sangat beragam. Jadi untuk Anda yang ingin membeli oleh oleh khas Bali yang satu ini, segeralah. Sebab, menjelang lebaran biasanya penjualan mukena cepat habis.

  1. Kerajinan Manik-manik

Kerajinan Manik-manik

Bali begitu populer dengan kerajinan tangannya yang terbuat dari manik-manik. Kerajinan tangan ini biasanya dibentuk menjadi aksesoris, seperti gelang, kalung, cincin, dan sebagainya. Di berbagai sudut di Bali Anda akan banyak melihat penjual kerajinan tangan manik-manik ini.

Harganya juga murah meriah, biasanya mulai Rp 8 ribuan hingga puluh ribuan, tergantung dari kesulitan pembuatan, gradasi warna, dan jenis kerajinan.

Demikian 13 oleh oleh asli Bali yang tidak boleh ketinggalan dibawa pulang untuk dibagikan ke keluarga, teman, bahkan rekan kerja Anda. Semoga dengan ada nya artikel ini dapat membantu anda terutama bagi anda yang ingin berlibur ke pulau Dewata ini, Terima kasih.